Articles Comments

Belajar Untuk Berbagi » Sehatkan Tubuh » Membersihkan Saluran Pencernaan dengan Duku

Membersihkan Saluran Pencernaan dengan Duku

kecil, agak bulat dan warnanya coklat terang keputih-putihan itulah bentuk buah ini. Mau memakannya, Anda harus mengupas buah ini terlebih dahulu dan getah siap menghampiri tangan tetapi jangan kwatir setelah terkena getah ini maka nikmat lezat buah ini akan membayarnya dilidah Anda.

Duku, itulah nama dari buah ini dengan rasanya yang khas asam manis dan hati-hati jika salah menggingit biji dari buah duku ini karena rasa dari biji buah duku ini yang pahit.

Duku masuk dalam golongan suku Meliacease yang berasal dari Asia Tenggara Barat. Jenis duku sebenarnya banyak jenisnya dan itupun berpengaruh dengan namanya juga untuk setiap jenisnya, ada dengan nama langsat, kokosan, pisitan dan celoring.

Image : id.wikipedia.org

Melihat dari kandungan zat gizi yang terdapat dalam buah duku ini ternyata begitu luar biasa dimana setiap dari 100 gr buah duku yang dikonsumsi itu mengandung 70 kal kalori, 1.g protein, 0.2 g lemak, 13 g karbohidrat, 0.7 g mineral, 10 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan tidak ketinggalan 0.9 mg zat besi. Kalau dibandingkan dengan buah apel dan jeruk ternyata untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi buah duku setingkat lebih tinggi. Ada kandungan yang manfaatnya untuk memperlancar dalam sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan juga membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker yaitu dietary fiber atau serat.

Daging buah duku yang begitu lezat dan segar jika dikonsumsi ternyata kulit dan bijinya buah duku juga bisa bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. Manfaat dari duku tidak hanya terdapat pada buahnya saja yaitu kulit kayunya sering dipakai sebagian orang untuk menyembuhkan dari gigitan serangga yang berbisa dan juga obat untuk penyakit disentri. Sebagian orang juga mempercayai kalau benalu pohon buah duku juga dapat memperlambat dan memberantas sel-sel kanker.

Mau Lihat Lebih...
Mau Lihat Lebih...

Written by

Filed under: Sehatkan Tubuh · Tags: , , , , ,

Leave a Reply

*

*

You might also likeclose